Mengulas teknologi komunikasi dan informasi

Tuesday, January 3, 2017

Cara Memasang Proxy di Mozilla, Chrome, dan Opera lengkap!


Mungkin banyak dari kalian yang tidak tau apa itu proxy, dan tidak tahu kegunaannya.Ya,disini saya akan jelaskan fungsi proxy terlebih dahulu agar kalian paham cara kerja proxy/internet masking,berikut adalah Fungsi Proxy:

1.Proxy Untuk Menyembunyikan IP Address

Kegunaan pertama dari proxy yaitu untuk menyembunyikan IP address kalian atau seperti yang sudah saya bilang di awal yaitu Internet masking. Jika kalian menggunakan browser selain Opera seperti Mozilla ataupun Google Chrome maka anda tidak menemui ektensi yang sudah otomatis terpasang di browsernya seperti Opera. Di Mozilla anda bisa memakai add-ons 'anonymox' untuk menggunakan proxy di browser mozilla anda,namun yang mau saya jelaskan di sini adalah bagaimana caranya memasang proxy secara manual dari settingan browsernya.

2.Proxy Untuk Mengakses Situs yang Diblokir

Fungsi kedua Proxy adalah mengakses situs yang tidak bisa anda akses di IP tanpa proksiSeperti situs-situs yang telah di blokir oleh pemerintah dan ISP (Internet Service Provider) yang bekerja sama dengan pemerintah. Dengan menggunakan proxy anda bisa mengakses situs yang di blokir,seperti situs judi online, dkk. Tapi jika kalian memakai proxy dengan IP Indonesia dan bukan dari negara lain,itu sama saja gan situsnya tetap tidak akan bisa di akses karena dengan menggunakan proxy, kalian berarti akan mengakses web dengan terlebih dahulu melewati server proxy, dan jika kalian berinternet dari IP Indonesia menggunakan masking IP indonesia juga,maka tidak ada bedanya,karena pemerintah di negara-negara seperti di Indonesia ini memblokir situs-situs terlarang dari IP(Internet-Protocol) milik warga negaranya sendiri/IP Lokasi negara Indonesia.


Setelah menilik berbagai 'Kelebihan' menggunakan proxy,ternyata proxy memiliki 'kekurangan', bahkan jika kalian tidak terlalu membutuhkan proxy untuk internet masking, kalian lebih baik tidak menggunakan proxy sajalah,karena di balik kelebihan proxy tersebut,ada kekurangan dari pemakaian server proxy tersebut,berikut adalah kekurangannya:

1.Membuat internet menjadi lemot

Disini bukan berarti internet kalian menjadi lemot karena web proxy mengambil kuota milik kalian/bandwidth kecepatan internet kalian, namun dengan menggunakan proxy seperti yang sudah saya jelaskan bahwa internet kalian akan melewati jalur dari server proxy yang kalian pakai. Jadi tentunya perlu proses transfer data yang lebih jauh.Misal kalian memakai proxy China (karena saya pengalaman pakai proxy china,dan alhasil website dengan tulisan alphabet seperti yang kita gunakan ini tidak bisa di akses .. Haha.. Dan ketika anda mengetikan keyword dalam Bahasa Inggris/Bahasa Indonesia muncul pilihan websitenya namun tidak ada satupun yang bisa dikunjungi -_- karena mungkin Cina menggunakan hurufnya sendiri untuk mengakses internet)Maka data/jalur internet kalian akan melewati China terlebih dahulu,lalu baru ke website yang ingin kalian kunjungi. Iya jika kalian memakai proxy dengan negara tetangga seperti Australia,dkk.Lalu bagimana jika memakai IP Eropa atau yang tempatnya jauh dari kita? Bisa - bisa kalian akan bermasalah dengan transfer data dan penerimaan data yang lambat.


Cara Mengkonfigurasi Proxy di Mozilla, Chrome, dan Opera

Setelah menjelaskan panjang lebar tentang Proxy,waktunya untuk menjelaskan tentang cara memasang Proxy di Browser-browser yang banyak diapakai,yaitu Chrome,Mozilla,dan Opera.Berikut adalah cara-cara utnuk memasang Proxy dari tiga BROWSER tersebut:

1.Cara Mengkonfigurasi Proxy di Mozilla

Berikut adalaha Cara memasang proxy di Mozilla Firefox,sebelum itu bukalah Mozilla Firefox anda:
1.Buka menu "Open menu" (ada di atas-kanan-pokok browser saat terbuka)
2.Pilih menu "Option"
3.Lalu klik Tab "Advance" (di pilihan kiri halaman 'Option')
4.Pilih menu "Network" (ada di atas,dibawah kalimat 'Advanced')
5.Klik mecu "Setting" yang ada di sebelah 'Connection'
6.Lalu anda akan di bawa ke menu 'connection setting',setelah itu klik bulat dengan menu "Manual proxy configuration"
7.setting proxy anda,berikut contohnya.
Cara setting proxy di browser Mozilla Firefox
Setting proxy di Mozilla Firefox

proxy list web/daftar web proksi
Web free proxy-list
Setting IP proxy dan port proxy anda di menu itu,kalian bisa mencari/mendapatkan data proxy atau proxy list di website Hidemyass. Jika anda telah menemukan IP dan Port proxy dan negara yang cocok bagi anda,anda bisa langsung menkonfigurasikan di Option connection milik anda.

2.Cara Mengkonfigurasi Proxy di Chrome

Berikut adalah tutorial cara memasang proxy/proksi di Chrome:
1.Buka Google chrome (wajib hukumnya :V)
2.Klik "Costumize and control Google chrome"  (di pojok-kanan-atas)
3.Pilih menu "Setting"
4.scroll kebawah dan klik "Show advanced setting.."
5.pilih "Change proxy setting"
6.pilih menu "LAN Setting"
7.lalu centang option "Use a proxy server for your LAN"setelah itu anda tinggal memasukkan data IP Proxy dan portnya seperti di Mozilla.

3.Cara Mengkonfigurasi Proxy di Opera

Berikut adalah cara memasang/setting proxy di Opera:
1.Buka Opera
2.pilih "Menu" (ada di pojok-kiri-atas)
3.lalu buka "Setting"
4.lalu menuju ke tab "browser" (yang ada di kiri)
5.dan cari dalam kotak bertuliskan "Change proxy setting" lalu klik
6.lalu klik "LAN Setting" (tampilan settingan proxynya sama dengan Chrome)
7.lalu centang option "Use a proxy server for your LAN"setelah itu anda tinggal memasukkan data IP Proxy dan portnya seperti di pada tutorial sebelumnya


Jadi cuman segitu doang yang bisa saya bagikan,semoga bermanfaat dan menambah ilmu dan pengetahuan kalian tentang proxy/proksi.Jangan lupa utnuk share jika anda rasa bermanfaat untuk anda dan lainnya dan untuk kekurangannya kami mohon maaf.Yang mau menambahkan silahkan ketik di kolom komentar,kami tunggu komentar anda.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Search Article that You Need

Hak cipta dilindungi oleh perseorangan.all right reserved. Powered by Blogger.

Artikel yang mungkin anda sukai

Cara Memasang Proxy di Mozilla, Chrome, dan Opera lengkap!

Mungkin banyak dari kalian yang tidak tau apa itu proxy, dan tidak tahu kegunaannya.Ya,disini saya akan jelaskan fungsi proxy terlebih dah...